Manfaat Pemasangan Kawat Gigi

Manfaat Pemasangan Kawat Gigi

Manfaat Pemasangan Kawat Gigi

Sekarang ini pemasangan kawat gigi sering kali dianggap sepele. Banyak anak muda jaman sekarang yang memasang kawat gigi dengan tujuan untuk sekedar gaya saja.

Baca Juga : Obat Kulit Belang

Lebih parahnya, mereka memasang kawat gigi sembarang ke orang yang belum terjamin keahliannya, atau memasang kawat gigi abal-abal yang belum terjamin keamanannya. Sehingga, tak jarang kawat gigi tersebut malah menjadi masalah bagi kesehatan mereka. Padahal, sebenarnya pemasangan kawat gigi memiliki tujuan yang baik untuk kesehatan, bahkan memiliki cukup banyak manfaat. Yang paling utama adalah untuk memperbaiki penampilan.

Kawat gigi merupakan sarana paling umum digunakan dalam mengoreksi susunan gigi yang tidak rata. Dan pemasangan kawat gigi yang paling benar adalah dilakukan oleh dokter ortodonti, yaitu dokter gigi yang sudah menjalani pelatihan khusus untuk mengencangkan dan meratakan susunan gigi. Dengan teknologi dan bahan yang semakin modern, saat ini pemasangan kawat gigi menjadi tidak terasa sakit lagi seperti dahulu.

Selain untuk memperbaiki penampilan, pemasangan kawat gigi sebenarnya juga bertujuan mencegah kondisi yang bisa membahayakan kesehatan. Sebab, susunan gigi yang tidak rata berisiko menyebabkan penumpukan plak dan sisa makanan. Hal tersebut bisa menyebabkan penyakit gusi dan periodontal, penyakit yang menyerang jaringan pendukung yang menghubungkan gigi dan tulang penyangganya. Selain itu, kawat gigi juga dapat membantu mencegah masalah serius lainnya pada gigi atau rahang. Dan pemasangan kawat gigi secara umum berfungsi untuk :

  • Memperbaiki jarak renggang yang terlalu jauh antar gigi.
  • Memperbaiki gigi yang terlalu berhimpitan atau tumbuh bengkok.
  • Memperbaiki gigi depan rahang atas yang tidak sejajar (misalnya: gigi tonggos).
  • Memperbaiki masalah rahang yang bisa membuat gigitan jadi tidak rata.

Baca Juga : Penyakit Yang Sering Muncul Saat Banjir

Dengan pemasangan kawat gigi tersebut, selain penampilan anda bisa lebih baik, namun gigi yang rata juga dapat membuat bicara jadi lebih jelas dan bisa mengolah makanan lebih baik lagi.

Waktu Pemasangan Kawat Gigi Yang Tepat

Biasanya permasalahan gigi yang tidak rata baru akan muncul ketika gigi permanen mulai tumbuh. Saat itulah yang paling tepat dilakukan pemasangan kawat gigi, biasanya pada usia 8-14 tahun. Karena pada usia tersebut, gigi sering kali tumbuh tidak rata, ditambah lagi dengan kondisi tulang wajah yang masih dalam tahap berkembang. Para dokter ortodonti pun menyarankan untuk memeriksakan gigi anak pada usia 7 tahun untuk menimbang apakah butuh pemasangan kawat gigi atau tidak.

Namun meskipun begitu, tidak ada kata terlambat dalam pemasangan kawat gigi. Karena usia dewasa pun masih bisa melakukan pemasangan kawat gigi, dan belum terlambat. Hanya saja, waktu pemakaian kawat gigi yang dibutuhkan orang dewasa relatif lebih lama dibandingkan pada anak. Hal itu karena pada orang dewasa tulang wajahnya sudah tidak lagi dalam tahap berkembang. Selain itu, masalah pada gigi orang dewasa juga lebih kompleks, sehingga dibutuhkan juga perawatan lainnya selain kawat gigi. Namun yang pasti, manfaat dan cara kerja kawat gigi pada anak dan dewasa sama saja.

Baca Juga : Obat Kulit Belang

Langkah Pemasangan Kawat Gigi

#1. Pemeriksaan Awal

Ketika dokter mendeteksi adanya kondisi yang membutuhkan solusi pemasangan kawat gigi, maka anda diharuskan menjalani pemeriksaan lebih lanjut, antara lain :

  • Dokter ortodonti akan menanyakan kondisi kesehatan anda.
  • Dokter ortodonti memeriksa gigi, rahang, dan mulut anda.
  • Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan sinar X, untuk menentukan posisi gigi pada rahang atas dan bawah, serta untuk melihat posisi rahang dengan gigi.
  • Dokter ortodonti akan membuat cetakan bentuk rahang dan posisi gigi anda, sebagai langkah untuk menentukan perawatan yang tepat diberikan untuk gigi anda.

Terkadang pencabutan gigi dilakukan, guna mengoreksi posisi gigi dan membuat ruang supaya gigi-gigi di sekitarnya bisa tumbuh dengan baik.

#2. Penyesuaian Secara Berkala

Setelah dipasangi kawat gigi, dokter ortodonti akan meminta anda menjalani pemeriksaan berkala untuk memastikan pemasangan kawat gigi telah benar dan tepat. Di setiap pemeriksaannya, dokter ortodonti akan mengencangkan kawat gigi untuk menambah tekanan pada gigi supaya ada perubahan ke posisi baru. Kemudian nantinya rahang akan merespon dengan meluruhkan tulang pada jalan pergeseran gigi dan membentuk tulang baru di belakangnya.

#3. Penstabilan

Setelah kawat gigi dilepas, gigi anda akan dibersihkan secara menyeluruh. Kemudianm dokter ortodonti mungkin akan menyarankan anda melakukan pemeriksaan sinar X serta model plester kembali untuk melihat perubahan yang sudah terjadi pada susunan gigi anda. Kemudian dokter akan memasang retainer sebagai langkah untuk menstabilkan posisi gigi. Pada tahapan, ini keadaan tulang, gusi, dan otot sudah beradaptasi pada posisi baru. Pemasangan retainer ini diperlukan untuk waktu sekitar 6 bulan secara intensif. Setelah itu, pada umumnya hanya akan dipasang saat tidur.

Baca Juga : Tips Supaya Tubuh Lebih Bertenaga

Suka Artikel Ini?? Ayo Bagikan Ke Teman Anda...!!!
Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on VKDigg thisShare on StumbleUponShare on TumblrShare on FacebookShare on Reddit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *